Wiasata air terjun coban kabejan Jatirejo Mojokerto - Tentang Perjalanan

Tentang Perjalanan

All About Personal Documentation On Trip

Friday, March 16, 2018

Wiasata air terjun coban kabejan Jatirejo Mojokerto

Lokasi Air terjun Coban kabejan

Masih tentang seputar air terjun di mojokerto yang tiadak ada habisnya, Setelah Kemarin – kemarin saya membahas air terjun yang berada di pacet kali ini saya akan membahas wisata air terjun yang berada di kecamatan jatirejo. Pembahasan kali ini tentang air terjun coban kabejan yang berlokasi di desa jembul kecamatan jatirejo kabupaten mojokerto, Jawa Timur. Sebuah air tejun dengan ketinggian sekitar +/- 5 meter dengan karakter terjun langsung, air terjun ini menjadi magnet tersendiri di kawasan ini. Desa Jembul sendiri pas 2015 dulu berkunjung kesan akan di proyeksikan menjadi desa wisata, banyak pembangungan jalan , pelebaran juga serta pengecoran untuk menuju ke kawasan desa jembul,menurut info sekarang sudah menjadi obyek wisata desa.
Air terjun Coban Kabejan sendiri berjarak sekitar +/- 1 kilometer dari pemukiaman warga jembul. Bisa di tempuh dengan jalan kaki sekitar 40 menit perjalanan, sepeda di parkir di kampung warga. Tidak terlalu banyak tanjakan atau pun turunan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Coban kabejan Beserta Fasilitasnya

Harga tiket masuk ke air terjun coban kabejan masih gratis waktu itu dengan biaya parkir 5000 rupiah, untuk tiket masuk sewaktu – waktu pasti akan di kenakan tarif. Untuk fasilitasnya belum cukup komplit di karenakan wisata baru, di perjalanan menuju lokasi sudah di buatkan tempat beristirahat, dan ada warung warga sekitar. Sebagai antisipasi persiapkan bekal kalian untuk perjalanan.
Wiasata air terjun coban kabejan Jatirejo Mojokerto

Cerita Asal Usul Air Terjun Coban kabejan

Asal muasal nama Coban Kabejan sendiri bermula dari LMDH ( Lembaga Masyarakat Desa Hutan ) Mojokerto mendapat kunjungan dari dinas terkait asal Prancis, Yang bertujuan mencari wisata tempat wisata baru di Mojokerto. Dan kemudian LMDH lah yang menangani kelanjutanya.
Dari sekian banyak LMDH, LMDH Rejeki dari desa Jembul kecamatan Jatirejo menemukan sebuah fenomena alam yang masuk kriteria menjadi tempat wisata alam, Tak lain adalah Coban kabejan yang berada di kawasan hutan Jembul. Nama Coban Kabejan Sendiri berasal dari seorang aktivis desa Bapak mujianto, bapak Ainur rofik Sekertaris desa serta Bapak Suliyono Bertugas menjadi Polisi Hutan.

Beliau bertiga saat itu menyusuri hutan desa jembul mencari tempat untuk dijadikan wisata dari wilayah selatan desa Jembul jatirejo hingga Air terjun Coban Kelampok, Yang masuk kriterian untuk dijadikan wisata adalah Coban kelampok dan Coban kabejan. Yang pada saat itu belum memiliki nama, Kemudian tersiratlah di fikiran beliau bertiga nama Kabejan yang artinya keberuntungan (bejo), Keberuntungan beliau bertiga karena mendapat pekerjaan menjelajah hutan desa jembul dan menemukan air terjun. Yang dahulunya hanya bernama coban sekarang di beri nama coban Kabejan. Nama Coban Kabejan pun sudah dipatenkan dan di akui oleh LMDH.

Satu lagi jika berkunjung ke desa Jembul Jati Rejo Mojokerto jangan Lupa mampir ke Bukit Pelangi Jembul.

No comments:

Post a Comment