Air Terjun Singokromo Nganjuk - Tentang Perjalanan

Tentang Perjalanan

All About Personal Documentation On Trip

Friday, August 31, 2018

Air Terjun Singokromo Nganjuk

Sekilas Wisata Nganjuk
Wisata baru nganjuk. Mengulas wisata alam kabupaten nganjuk pasti tidak akan ada habisnya. Mau air terjun, Gunung, wisata perbukitan yang istagramable, atau argowisata perkebunan nganjuk semua punya kecuali pantai. Kali ini ujaey bob akan memberikan referensi wisata air terjun nganjuk yang terbilang agak baru dan tak kalah keren sama air terjun di daerah daerah lain

Wisata Air Terjun Singokromo Sawahan Nganjuk

Jika mendengar kawasan sawahan nganjuk maka di benak fikiran anda pasti air terjun sedudo. Yap air terjun satu ini merupakan wisata icon nganjuk kawasan kecamatan tersebut. Namun kali ini tentang perjalanan saya tidak akan membahas soal air terjun sedudo melainkan, melainkan air terjun yang masih satu kawasan satu desa dengan air terjun sedudo. 
Dialah air terjun Singokromo, Air terjun yang tidak kalah menarik dengan air terjun sedudo merupakan salah satu dari sekian banyak air terjun di kawasan desa ngliman sawahan nganjuk, banyaknya air terjun tersebut dapat anda lihat melalui watu lawing ngliman. Air terjun singokromo memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 25 kilometer, dengan karakteristik air terjun bebas alias langsung jatuh, air terjun ini memiliki debet air yang begitu besar apalagi musim penghujan, dengan air yang jernih, banyak bebatuan besar di sekitar jatuhnya air terjun singokromo. Air aliran air terjun singokromo ini berasal dari aliran air terjun sedudo. Di atas air terjun singokromo terdapat berupa sendang bernama sendang putri wilis merupakan sebuah telaga ata disebut juga kedung dengan kedalaman sekitar dada orang dewasa jika musim penghujan, Disendang putri wilis ini cocok untuk berendam berenang bermain air tapi tetap safety ya. Jaraknya sendang putri wilis dengan air terjun singokromo hanya sekitar 200meter saja.

Asal Usul Sejarah Nama Air Terjun Singokromo

Saat mendengar nama air terjun singokromo kesanya pasti angker ekstrim menakutkan, memang dahulu kala tempat ini terkenal angker kalau bahasa jawanya medeni alias menakutkan. Kenapa sampai bisa dinamakan Singokromo? Singo yang dalam bahasa jawa artinya Singa atau juga harimau, kromo artinya menikah atau kawin.
Bingungkan? Begini di air terjun ini dahulunya tempat berkumpul serta kawinya singa atau harimau dilereng gunung wilis. Masyarakat sekitar sampai sekarang juga masih mempercayai sebuah mitos jika malam bulan purnama mendatangi air terjun singokromo ini untuk mengambil airnya untuk diminum di yakini mampu menyembuhkan segala jenis penyakit. Dan bagi yang masi jomblo lajang atau belum kawin alias belum menikah diyakini segera cepat ketemu jodoh.

Air Terjun Singokromo
Foto ujaey bob sedang melakukan jurus genkidama hehe


Lokasi Wisata Air Terjun Singokromo dan Harga Tiket Masuknya

Seperti yang saya ulas di atas lokasi wisata air terjun singokromo ini masih satu lokasi dengan Air terjun sedudo yang lebih hits. Air terjun singokromo berada di desa ngliman kecamatan sawahan kabupaten nganjuk Propinsi Jawa Timur Indonesia, 64475. 
Sekitar 500 mter dari loket pintu masuk dan keluar air terjun sedudo, Sisi kiri jalan kalau dari bawah.
Baca juga Grojogan Putri Ayu Rejoso Nganjuk
Harga tiket masuknya air terjun singokromo mengikuti harga tiket air terjun sedudo rata rata sekitar 10000 – 15000 tergantung situasi maupun kondisi, harga parkir di air terjun singokromo sekitar 3000 sampai 5000 rupiah.


Rute Menuju Wisata Air Terjun Singokromo Ngliman Sawahan.

Rute termudah menuju wisata air terjun singokromo nganjuk sama dengan rute air terjun sedudo, Rute Dari Kota Surabaya ikuti petunjuk ke nganjuk atau madiun sampai di kabupaten nganjuk ikuti rute petunjuk ke loceret sampai di pertigaan adipura loceret ikuti petunjuk ke brebek sawahan / air terjun sedudo. Sampai di pasar brebek belok kiri ikuti petunjuk ke sawahan atau air terjun sedudo. Saat perjalanan anda akan menemui jembatan waduk sungai kuncir, dari situ ikuti petunjuk ke kecamatan sawahan atau air terjun sedudo sampai menemui loket pintu masuk air terjun sedudo, dari pintu loket nanjak lagi keatas sekitar 500 meter kiri jalan ada papan banner pintu masuk air terjun singokromo.
Dari pintu masuk kalian akan di hadapkan jalan berupa makadan juga jalan setapak berupa tanah namun bisa di lewati sepeda motor tetap safety terutama jika musim penghujan licin. Untuk pengguna mobil bisa menggunakan jasa ojek warga setempat untuk ke lokasi. Saat perjalanan melalui jalan macadam dan tanah kalian akan disuguhi pemandangan hutan pinus juga banyaknya bunga mawar disekitar jalan dengan udara sejuk,jadi perjalanan berat anda ke air terjun singokromo tidak akan terasa berat.

Fasilitas Wisata Air terjun Singokromo

Untuk fasilitas di air terjun singokromo ini terbilang apa adanya jadi kelihatan masih alami. Jalan ke lokasi air terjun juga masih apa adanya meski sudah di kasih undak undak buatan dari kayu.
Disediakan tempat parkir sepeda motor di dekat lokasi lumayan sangat luas juga ada tempat buat istirahar serta beberapa warung milik warga sekitar.
Untuk penginapan di sekitar wisata air terjun singokromo belum ada, anda bisa menginap di motel di sekitaran loket pintu masuk air terjun sedudo di situ ada beberapa tidak terlalu banyak.
Itulah sedikit catatan tentang perjalanan saya ke wisata baru air terjun singokromo nganjuk. Semoga bisa menjadi referensi akhir pekan liburan anda. Berikut saya sisipkan beberapa foto hasil hunting di air terjun singokromo.



No comments:

Post a Comment